Jumat, 18 November 2011

tugas SIA


TUGAS AKHIR
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI



OLEH:

NAMA           : RENA SYAFRITA
NIM/BP          : 13029/2009
PRODI           : AKUNTANSI


FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2011
BAB 11: Siklus Pendapatan: Penjualan dan Penagihan Kas
1.      Jelaskan berbagai aktivitas bisnis dasar dan operasi pemrosesan data yang terkait dalam siklus pendapatan!
Jawab:
Siklus pendapatan adalah rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pemrosesan informasi terkait yang terus berulang-ulang dengan menyediakan barang dan jasa ke para pelanggan dan menagih kas sebagai pembayaran dari penjualan-penjualan tersebut, yang terdiri dari 4 aktivitas dasar, yaitu:
a.       Entri Pesanan Penjualan
Mencakup tiga hal: mengambil pesanan dari pelanggan, memeriksa dan menyetujui kredit pelanggan, serta memeriksa ketersediaan persediaan.
b.      Pengiriman
Terdiri dari dua tahap: mengambil dan mengepak pesanan, serta mengirim pesanan.
c.       Penagihan dan Piutang Usaha
Penagihan ke para pelanggan dan pembaruan piutang usaha sebagai proses terpisah dan dalam praktiknya dilakukan terpisah dalam departemen akuntansi.
d.      Penagihan Kas
Yang bertanggung jawab atas pencatatan kiriman uang pelanggan.

BAB 12: Siklus Pengeluaran: Pembelian dan Pengeluaran Kas
2.      Apa yang dimaksud dengan siklus pengeluaran dan jelaskan tujuannya!
Jawab:
Siklus Pengeluaran adalah rangkaian kegiatan bisnis dan operasional pemrosesan data terkait yang berhubungan dengan pembelian serta pembayaran barang dan jasa.
Tujuan utamanya adalah untuk meminimalkan biaya total memperoleh dan memelihara persediaan, perlengkapan, dan berbagai layanan yang dibutuhkan organisasi untuk berfungsi.

BAB 13: Siklus Produksi
3.      Apa saja yang termasuk dalam biaya pengendalian kualitas pada siklus produksi? Jelaskan!
Jawab:
a.       Biaya pencegahan berhubungan dengan perubahan proses produksi yang didesain untuk mengurangi tingkat kecacatan produk.
b.      Biaya pemeriksaan berhubungan dengan pengujian untuk memastikan bahwa produk memenuhi standar kualitas.
c.       Biaya kegagalan internal dihubungkan dengan pengerjaan ulang, atau pembuangan, produk-produk yang diidentifikasi sebagai cacat sebelum penjualan.
d.      Biaya kegagalan eksternal terjadi ketika produk dijual ke pelanggan, meliputi biaya klaim keandalan produk, jaminan dan biaya perbaikan, hilangnya kepuasan pelanggan, dan kerusakan reputasi perusahaan.

BAB 14: Siklus Penggajian dan Manajemen Sumber Daya Manusia
4.      Jelaskan aktivitas dan ancaman dalam siklus penggajian serta bagaimana pengendaliannya!
Jawab:
a.       Pengontrakan dan perekrutan tenaga kerja
Ancamannya:
*     Mempekerjakan pegawai yang tidak berkualifikasi atau berkelakuan buruk
*     Pelanggaran hukum ketenagakerjaan
Pengendaliannya:
*     Prosedur mempekerjakan yang baik, termasuk verifikasi keahlian pelamar kerja, referensi dan riwayat pekerjaan.
*     Dokumentasi lengkap atas prosedur untuk mempekerjakan, pelatihan perkembangan terkini dalam hal hukum ketenagakerjaan.
b.      Pemrosesan penggajian
Ancamannya:
*     Perubahan file induk penggajian tanpa otorisasi
*     Data waktu yang tidak akurat
*     Pemrosesan penggajian yang tidak akurat
*     Pencurian atau distribusi cek gaji tipuan

Pengendalian:
*     Pemisahan tugas: data SDM vs penggajian dan distribusi cek gaji, pengendalian akses, tinjauan atas semua perubahan.
*     Otomatisasi pengumpulan data, berbagai pemeriksaan edit, rekonsiliasi data kartu waktu dengan data kartu waktu kerja.
*     Total batch dan pengendalian aplikasi lainnya, rekening kliring penggajian, tinjauan peraturan IRS.
*     Setoran langsung, distribusi cek gaji dilakukan oleh seseorang yang independen dari proses penggajian, penyelidikan cek gaji yang tidak diklaim.
c.       Ancaman umum
Ancamannya:
*     Kehilangan atau pengungkapan data tanpa otorisasi
*     Kinerja yang kurang baik
Pengendaliannya:
*     Prosedur pembuatan cadangan, rencana pemulihan dari bencana, pengendalian akses fisik dan logis, enkripsi data.
*     Pengembangan dan tinjauan periodik atas metric kinerja yang tepat, dan program pelatihan.

BAB 15: Sistem Buku Besar dan Pelaporan
5.      Jelaskan lima kategori dasar ayat jurnal penyesuaian!
Jawab:
a.       Akrual mencerminkan jurnal yang dibuat pada akhir periode akuntansi untuk mencerminkan berbagai kegiatan yang terjadi tetapi kas belum diterima atau dikeluarkan.
b.      Pembayaran dimuka mencerminkan jurnal yang dibuat pada akhir periode akuntansi untuk mencerminkan pertukaran kas sebelum kinerja kegiatan terkait.
c.       Perkiraan mewakili jurnal yang mencerminkan sebagian dari biaya yang terjadi selama beberapa periode akuntansi.
d.      Penilaian ulang mewakili jurnal yang dibuat untuk mencerminkan perbedaan nilai yang sesungguhnya dengan yang dicatat atas suatu aset, atau perubahan dalam prinsip akuntansi.
e.       Perbaikan mewakili jurnal yang dibuat untuk meniadakan pengaruh kesalahan yang ditemukan dalam buku besar.

BAB 16: Pengantar Pengembangan Sistem dan Analisis Sistem
6.      Apa saja alasan-alasan yang mendasari perencanaan pengembangan sistem? Jelaskan!
Jawab:
a.       Konsistensi
Perencanaan memungkinkan sasaran dan tujuan sistem sesuai dengan rencana strategis keseluruhan perusahaan.
b.      Efisiensi
Sistem akan lebih efisien, subsistem akan lebih terkoordinasi, dan terdapat dasar yang baik untuk memilih aplikasi baru untuk pengembangan.
c.       Terkemuka
Perusahaan akan tetap menjadi pemimpin dalam perubahan TI yang ada.
d.      Pengurangan Biaya
Duplikasi, pengeluaran tenaga yang tidak perlu, dan biaya serta waktu yang tidak seharusnya dikeluarkan dapat dihindari.
e.       Kemampuan Adaptasi
Pihak manajemen dapat lebih baik bersiap-siap untuk kebutuhan di masa mendatang, dan para pegawai dapat lebih baik mempersiapkan diri atas berbagai perubahan yang akan terjadi.

BAB 17: Strategi Pengembangan SIA
7.      Jelaskan tantangan-tantangan yang dihadapi dalam usaha rakayasa ulang!
Jawab:
a.       Tradisi. Proses bisnis yang tidak efisien yang sedang dalam proses rekayasa ulang, sering kali berdekade lamanya.
b.      Penolakan. Perubahan yang radikal, selalu menemui banyak penolakan.
c.       Persyaratan waktu. Rekayasa ulang adalah proses yang berkepanjangan, hampir selalu memakan waktu lebih dari 2 tahun untuk dapat selesai.
d.      Biaya. Merupakan hal yang mahal untuk secara keseluruhan mempelajari dan mempertanyakan proses bisnis perusahaan agar dapat menemukan cara yang lebih cepat dan efisien untuk beroperasi.
e.       Kurangnya dukungan pihak manajemen. Rekayasa ulang masih terlalu muda dank arena sedikit perusahaan yang telah menyelesaikan proyek rekayasa ulang dengan dukungan penuh, banyak manajer puncak yang belum yakin dengan manfaatnya.
f.       Risiko. Manajemen sistem informasi menyadari bahwa mendorong proyek rekayasa ulang dapat menjadi tindakan yang berisiko atas karir.
g.      Skeptisisme. Beberapa anggota komunitas sistem informasi skeptis dengan rekayasa ulang.
h.      Pelatihan kembali. Banyak usaha rekayasa ulang secara dramatis mengubah cara pekerjaan dilakukan.
i.        Pengendalian. Elemen penting dalam sistem informasi adalah pengendalian yang memastikan keandalan dan integritas sistem.

BAB 18: Desain, Implementasi, dan Operasi Sistem
8.      Jelaskan 8 bagian dari tahap operasi dan pemeliharaan!
Jawab:
a.       Tetapkan kebutuhan pemakai. Analisis sistem berkonsultasi dengan para pemakai serta membuat kesepakatan mengenai persyaratan software.
b.      Mengembangkan rencana. Rencana pengembangan dibuat dan didokumentasikan.
c.       Menulis perintah program (kode). Pendekatan keseluruhan program dan tugas pemrosesan yang utama diidentifikasi sebelum setiap langkah program direncanakan secara lebih terinci.
d.      Menguji program. Setelah program dikodekan, tinjauan visual dan mental, yang disebut desk checking.
e.       Mendokumentasikan program. Menjelaskan bagaimana program bekerja dan digunakan untuk membantu memperbaiki serta mengatasi kesalahan.
f.       Latih para pemakai program. Dokumentasi program sering kali digunakan untuk melatih para pemakai.
g.      Memasang sistem. Semua komponen sistem, termasuk program, dikombinasikan dan perusahaan mulai menggunakan sistem tersebut.
h.      Menggunakan dan mengubah sistem. Faktor-faktor yang membuat program yang ada direvisi, yang disebut sebagai pemeliharaan program, termasuk permintaan atas laporan yang baru atau yang direvisi, perubahan dalam input, isi file, atau nilai seperti tarif pajak, deteksi kesalahan, dan perubahan ke hardware baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar